AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK)
TRI DHARMA PALU
TUGAS
2
PERANTI
MASUKAN DAN PERANTI KELUARAN
NAMA :
GITA PRAMUWIDYANTI ANWAR
STAMBUK : 20172007
PEMBIMBING
:
ACO
LELE, S.Kom., M.M
PROGRAM
DIPLOMA III (D3)
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK)
TRI DHARMA PALU
SULAWESI
TENGAH
2017
BAB 3 PERANTI MASUKAN
PILIHAN BERGANDA
1. Yang
tidak termasuk peranti masukan berbentuk penunjuk:
a). Mouse
b). Tackball
c). Touchpad
d). Touchtone
Jawab: D). touchtone
2. Peranti
masukan yang umum digunakan untuk dalam permainan dengan menggunakan computer:
a). touchpad
b). Touch Screen
c). Trackball
d). Joystick
Jawab: D). Joystick
3. Peralatan
berbentuk papan yang dapat digunakan untuk membanu pemasukan data peta:
a). Digitizer
b). Touch screen
c). Joystick
d). trackball
Jawab: B). Touch screen
4. Peranti
yang biasa digunakan untuk membaca data berbentuk garis-garis yang umum terapat
pada barang ditoko-toko swalayan dinamakan:
a). Bar code reader
b). Magnetic card reader
c). cash register
d). Smart card reader
Jawab: A). Bar code reader
5. Peranti
yang digunakan untuk membaca data pada kartu cek yang mengandung tinta magnetic
disebut:
a). MCR
b). MICR
c). OMR
d). OCR
Jawab: B). MICR
6. Peranti
yang dapat membaca jawaban tes yang melingkari bulatan pilihan dengan pensil 2B
disebut:
a). MCR
b). MICR
c). OMR
d). OCR
Jawab: C). OMR
7. Peranti
yang dapat mengenali teks dalam satu dokumen disebut :
a). MCR
b). MICR
c). OMR
d). OCR
Jawab: D). OCR
8. Peranti
yang disebut DTMF:
a). Touch Screen
b). touch tone
c). Sensor
d). ASR
Jawab: B). Touch tone
9. Sistem
yang dapat mengenali suara seseorang:
a). MICR
b). ASR
c). sensor
d). RFID
Jawab: B). ASR
ISIAN
1. Sidik
jari seseorang dapat dibaca dengan peranti fingerprint
reader
2. Peranti
penunjuk pada notebook yang berbentuk kotak datar dan pemakai dapat menggeser
jari-jarinya keperanti tersebut untuk memindahkan penunjuk pada layar dinamakan
Touchpad
3. Peralatan
berbentuk monitor yang memungkinkan pemilihan tindakan dilakukan dengan cara
menyentuhkan jari pemakai ke layar dinamakan Touch Screen
URAIAN
1. Berikan
contoh penggunaan sensor.
Jawab: Contoh penggunaan sensor
didalam rumah adalah hawkeye, yang dapat digunakan untuk memantau kehadiran
orang melalui panas badan dan gerakan.
2. Sebutkan
peranti masukan yang umum digunakan dalam virtual reality dan jelaskan kegunaan
masing masing.
Jawab: a. mouse (untuk menunjuk
data/perintah yang ditampilkan pada layar)
b. keyboard (untuk memasukkan huruf atau angka ataupun kode lain ke dalam komputer).
c. image scanner (untuk merubah gambar/foto/ tulisan dari bentuk analog ke bentuk digital).
d. kamera digital (untuk mengambil gambar citra dalam keadan diam).
e. kamera video (untuk mengambil gambar citra dalam keadaan bergerak atau diam).
f. bar code reader (untuk mengimput/menghitung belanja seseorang di swalayan).
g. joystick (untuk mengendalikan aplikasi permainan dalam komputer).
b. keyboard (untuk memasukkan huruf atau angka ataupun kode lain ke dalam komputer).
c. image scanner (untuk merubah gambar/foto/ tulisan dari bentuk analog ke bentuk digital).
d. kamera digital (untuk mengambil gambar citra dalam keadan diam).
e. kamera video (untuk mengambil gambar citra dalam keadaan bergerak atau diam).
f. bar code reader (untuk mengimput/menghitung belanja seseorang di swalayan).
g. joystick (untuk mengendalikan aplikasi permainan dalam komputer).
3. Bisakah
image scanner digunakan untuk mendapatkan teks yang terkandung dalam suatu buku
sehingga dapat dieditdenagn pengolahan kata semacam word ? bagaimana mekanismenya?
Jawab: Bisa. Hasil scan selanjutnya
diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan dalam tape/disk, kemudian
diproses menggunakan perangkat lunak tertentu seperti OmniPage Pro (Caere
Crop). Hasil scanner dapat diubah menjadi dokumen dengan format pemroses kata
tertentu.
BAB 4 PERANTI KELUARAN
PILIHAN BERGANDA
1. Yang
tidak termasuk hard copy:
a). printer
b). plotter
c). monitor
d). B dn C
Jawab: C). monitor
2. Monitor
yang menggunakan teknologi tabung hampa:
a). LCD
b). EL
c). plasma
c). plasma
d). CRT
Jawab: D). CRT
3. Printer
yang kecepatannya dinyatakan dengan CPS:
a). Printer laser
b). printer dot matrix
c). printer ink-jet
d). Printer thermal
Jawab: B). Printer dot matrix
4. Jenis
printer yang bekerja berdasarkan semprotan tinta:
a). Printer laser
b). printer dot matrix
c). printer ink-jet
d). Printer thermal
Jawab: C). printer ink-jet
5. Peranti
yang digunakan untuk membuat microfilm:
a). COM
b). printer laser
c). plotter pena
d). Plotter thermal
Jawab: A). COM
6. Jumlah
pemayaran piksel per detik pada monitor dikenal dengan istilah :
a). kecepatan refresh
b). dot pirch
c). resolusi
d). interlaced
Jawab). C). resolusi
ISIAN
1. Monitor
beresolusi 800x600 memiliki piksel sebanyak 800 baris piksel dan 600 kolom pixel
2. Keluaran
dari computer dapat dikelompokan menjadi softcopy dan Hardcopy
3. Contoh
peranti yang tidak tergolong soft copy adalah printer, plotter, COM
4. Monitor
.28dp berarti bahwa jarak antara dua buah piksel sebesar 28/100MM
URAIAN
1. Apa
perbedaan active matrix dan passive matrix?
Jawab:
Pasive matrix lebih murah disbanding active matrix. Hasil warna yang diperoleh
active matrix sebagus CRT. Kemudian active matrix tak harus dilihat dari sudut
pandang tegak lurus, sedangkan passive matrix harus dipandang tegak lurus. Jika
tidak maka tulisan pada monitor tidak terlihat
2. Mengapa
printer dot matrix masih banyak dipakai walaupun kualiatas cetaknya relative
tiak bagus?
Jawab:
karna memiliki kemampuan mencetak pada kertas rangkap yang tidak dapat
dilakukan oleh printer lain. Biaya oprasinya pun murah.
3. Apa
perbedaan monitor yang menggunakan interlaced dengan noninterlaced?
Jawab:
interlaced monitor adalah jenis monitor yang menampilkan informasi dalam layar
melalui dua tahapan, sedangkan noninterlaced monitor hanya menggunakan satu
tahapan.
No comments:
Post a Comment