INSTAGRAM

animasi-bergerak-selamat-datang-0069

"Popular Posts"

animasi-bergerak-selamat-datang-0262

Monday, 9 October 2017

PERANTI MASUKAN DAN PERANTI KELUARAN

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU

TUGAS 2

PERANTI MASUKAN DAN PERANTI KELUARAN

NAMA              : GITA PRAMUWIDYANTI ANWAR
STAMBUK      : 20172007

PEMBIMBING :
ACO LELE, S.Kom., M.M


PROGRAM DIPLOMA III (D3)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK) TRI DHARMA PALU
SULAWESI TENGAH
2017


BAB 3 PERANTI MASUKAN

PILIHAN BERGANDA
1.      Yang tidak termasuk peranti masukan berbentuk penunjuk:
a). Mouse
b). Tackball
c). Touchpad
d). Touchtone
Jawab: D). touchtone
2.      Peranti masukan yang umum digunakan untuk dalam permainan dengan menggunakan computer:
a). touchpad
b). Touch Screen
c). Trackball
d). Joystick
Jawab: D). Joystick
3.      Peralatan berbentuk papan yang dapat digunakan untuk membanu pemasukan data peta:
a). Digitizer
b). Touch screen
c). Joystick
d). trackball
Jawab: B). Touch screen
4.      Peranti yang biasa digunakan untuk membaca data berbentuk garis-garis yang umum terapat pada barang ditoko-toko swalayan dinamakan:
a). Bar code reader
b). Magnetic card reader
c). cash register
d). Smart card reader
Jawab: A). Bar code reader
5.      Peranti yang digunakan untuk membaca data pada kartu cek yang mengandung tinta magnetic disebut:
a). MCR
b). MICR
c). OMR
d). OCR
Jawab:  B). MICR
6.      Peranti yang dapat membaca jawaban tes yang melingkari bulatan pilihan dengan pensil 2B disebut:
a). MCR
b). MICR
c). OMR
d). OCR
Jawab: C). OMR
7.      Peranti yang dapat mengenali teks dalam satu dokumen disebut :
a). MCR
b). MICR
c). OMR
d). OCR
Jawab: D). OCR
8.      Peranti yang disebut DTMF:
a). Touch Screen
b). touch tone
c). Sensor
d). ASR
Jawab: B). Touch tone
9.      Sistem yang dapat mengenali suara seseorang:
a). MICR
b). ASR
c). sensor
d). RFID
Jawab: B). ASR


ISIAN
1.      Sidik jari seseorang dapat dibaca dengan peranti fingerprint reader
2.      Peranti penunjuk pada notebook yang berbentuk kotak datar dan pemakai dapat menggeser jari-jarinya keperanti tersebut untuk memindahkan penunjuk pada layar dinamakan Touchpad
3.      Peralatan berbentuk monitor yang memungkinkan pemilihan tindakan dilakukan dengan cara menyentuhkan jari pemakai ke layar dinamakan Touch Screen


URAIAN
1.      Berikan contoh penggunaan sensor.
Jawab: Contoh penggunaan sensor didalam rumah adalah hawkeye, yang dapat digunakan untuk memantau kehadiran orang melalui panas badan dan gerakan.
2.      Sebutkan peranti masukan yang umum digunakan dalam virtual reality dan jelaskan kegunaan masing masing.
Jawab: a. mouse (untuk menunjuk data/perintah yang ditampilkan pada layar)
b. keyboard (untuk memasukkan huruf atau angka ataupun kode lain ke dalam komputer).
c. image scanner (untuk merubah gambar/foto/ tulisan dari bentuk analog ke bentuk digital).
d. kamera digital (untuk mengambil gambar citra dalam keadan diam).
e. kamera video (untuk mengambil gambar citra dalam keadaan bergerak atau diam).
f. bar code reader (untuk mengimput/menghitung belanja seseorang di swalayan).
g. joystick (untuk mengendalikan aplikasi permainan dalam komputer).
3.      Bisakah image scanner digunakan untuk mendapatkan teks yang terkandung dalam suatu buku sehingga dapat dieditdenagn pengolahan kata semacam word ? bagaimana mekanismenya?
Jawab: Bisa. Hasil scan selanjutnya diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan dalam tape/disk, kemudian diproses menggunakan perangkat lunak tertentu seperti OmniPage Pro (Caere Crop). Hasil scanner dapat diubah menjadi dokumen dengan format pemroses kata tertentu.



BAB 4 PERANTI KELUARAN

PILIHAN BERGANDA
1.      Yang tidak termasuk hard copy:
a). printer
b). plotter
c). monitor
d). B dn C
Jawab: C). monitor
2.      Monitor yang menggunakan teknologi tabung hampa:
a). LCD
b). EL
c). plasma
d). CRT
Jawab: D). CRT
3.      Printer yang kecepatannya dinyatakan dengan CPS:
a). Printer laser
b). printer dot matrix
c). printer ink-jet
d). Printer thermal
Jawab: B). Printer dot matrix
4.      Jenis printer yang bekerja berdasarkan semprotan tinta:
a). Printer laser
b). printer dot matrix
c). printer ink-jet
d). Printer thermal
Jawab: C). printer ink-jet
5.      Peranti yang digunakan untuk membuat microfilm:
a). COM
b). printer laser
c). plotter pena
d). Plotter thermal
Jawab: A). COM
6.      Jumlah pemayaran piksel per detik pada monitor dikenal dengan istilah :
a). kecepatan refresh
b). dot pirch
c). resolusi
d). interlaced
Jawab).  C). resolusi


ISIAN
1.      Monitor beresolusi 800x600 memiliki piksel sebanyak 800 baris piksel dan 600 kolom pixel
2.      Keluaran dari computer dapat dikelompokan menjadi softcopy dan Hardcopy
3.      Contoh peranti yang tidak tergolong soft copy adalah printer, plotter, COM
4.      Monitor .28dp berarti bahwa jarak antara dua buah piksel sebesar 28/100MM


URAIAN
1.      Apa perbedaan active matrix dan passive matrix?
Jawab: Pasive matrix lebih murah disbanding active matrix. Hasil warna yang diperoleh active matrix sebagus CRT. Kemudian active matrix tak harus dilihat dari sudut pandang tegak lurus, sedangkan passive matrix harus dipandang tegak lurus. Jika tidak maka tulisan pada monitor tidak terlihat
2.      Mengapa printer dot matrix masih banyak dipakai walaupun kualiatas cetaknya relative tiak bagus?
Jawab: karna memiliki kemampuan mencetak pada kertas rangkap yang tidak dapat dilakukan oleh printer lain. Biaya oprasinya pun murah.
3.      Apa perbedaan monitor yang menggunakan interlaced dengan noninterlaced?
Jawab: interlaced monitor adalah jenis monitor yang menampilkan informasi dalam layar melalui dua tahapan, sedangkan noninterlaced monitor hanya menggunakan satu tahapan.

No comments:

Post a Comment