APLIKASI
PERKANTORAN MODERN
NAMA :
GITA PRAMUWIDYANTI ANWAR
STAMBUK : 20172007
DOSEN
:
ZULWARMAN,
S.Kom.
PROGRAM
DIPLOMA III (D3)
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK)
TRI DHARMA PALU
SULAWESI
TENGAH
2017
Kata Pengantar
Assalamualaikum wr.wb
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunianya sehingga makalah dengan judul “Aplikasi Perkantoran Modern” dapat diselesaikan dengan baik
tanpa suatu halangan apapun.
Makalah ini dibuat untuk memberikan pemahaman kepada
mahasiswa tentang aplikasi
perkantoran yang merupakan bagian dari sistem computer.
Semoga dengan dibuatnya makalah ini dapat memberikan wawasan dan
pengetahuan baru kepada mahasiswa. Dan semoga bermanfaat bagi semua pihak.
Wassalamualaikum wr.wb
Palu, 26
Oktober 2017
Penyusun,
BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Perkembangan yang sangat pesat sekali
terasa pada dunia TI (Teknologi Informasi), terutama perangkat keras, setaip
tahun dikembangakan teknologi baru pada dunia perangkat keras, perkembangan
perangkat keras saja tidak akan ada artinya tanpa didukung oleh komponen lain
seperti perangkat lunak dan Sumber Daya Manusia sebagai insan yang memanfaatkan
kemajuan komputer. Sehebat apapun teknologi komputer saat ini tanpa didukung
dengan sistem operasi tidak akan ada fungsinya.
Penggunaan komputer sudah
sangat memudahkan bagi perkerjaan perkantoran, dengan menggunakan teknologi
komputerisasi dalam perkantoran hal ini akan menyebabkan pekerjaan kantor
menjadi lebih mekanis dan lebih terstruktur. Menggunakan komputer dalam
pekerjaan kantor tentu tidak lepas dari menggunakan aplikasi yang terdapat
dalam komputer tersebut.
Puji syukur atas berkat dan rahmatNYA,
sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini. Tak lupa saya mengucapkan terima
kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dorongan bantuan dan masukannya.
Saya menyadari atas kekurangan dalam penyajian makalah ini.
B.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa yg dimaksud aplikasi perkantoran?
2. Apa tujuan dari aplikasi perkantoran ?
3. Apa saja aplikasi perkantoran ?
4. Apa saja macam-macam system aplikasi
kantor?
5. Apa kerugian dan keuntungan dari penerapan
aplikasi perkartoran ?
6. Apa saja dampak positif dan negative
aplikasi perkantoran?
C.
TUJUAN
1. Untuk mengetahui pengertian aplikasi perkantoran
2. Untuk mengetahui tujuan dari aplikasi
perkantoran
3. Untuk mengetahui aplikasi aplikasi
perkantoran
4. Untuk mengetahui macam-macam system aplikasi
kantor
5. Untuk mengetahui kerugian dan keuntungan
dari penerapan aplikasi perkantoran
6. Untuk mengetahui dampak positif dan
negative aplikasi perkantoran
BAB 2
KAJIAN TEORI
1. PENGERTIAN APLIKASI PERKANTORAN
Aplikasi
Perkantoran adalah semua sistem informasi formal dan informal terutama yang
berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berbeda
didalam maupun di luar perusahaan. Dengan kata lain aplikasi perkantoran
merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan
proses pelaksanaan pekerjaan. Asal mula otomatisasi perkantoran di awal
1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word-processing untuk menjelaskan
kegiatan devisi mesin TIK listriknya.
2. TUJUAN APLIKASI PERKANTORAN
bertujuan untuk
meningkatkan produktivitas kerja. Meminimalkan Biaya. Komputer tidak
menggantikan pekerja saat ini, tetapi computer menunda penambahan pegawai yang
diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah. Pemecahan Masalah
Kelompok, Aplikasi kantor dapat memberikan kemampuan antara manajer untuk
saling melakukan komunikasi dengan lebih baik selagi mereka memecahkan masalah.
Sebagai pelengkap Bukan Pengganti, aplikasi perkantoran tidak akan menggantikan
semua komunikasi interpersonal tradisional, percakapan tatap muka, percakapan
telepon, peasn tertulis pada memo, dan sejenisnya. Penggabungan dan Penerapan
Teknologi, misalnya antara telepon,komputer, jaringan internet,satelit, dan
lainnya. Memperbarui Proses Pelaksanaan Pekerjaan di Kantor, Produk aplikasi
perkantoran memungkinkan para pekerja kantor ini memproses lebih banyak dokumen
secara lebih cepat dan lebih baik.
3. APLIKASI PERKANTORAN
a.
Aplikasi
Pengolah Kata
Aplikasi
pengolah kata Word Processing adalah
penggunaan peralatan elektronik yang otomatis dapat melakukan beberapa tugas
sekaligus yang diperlukan untuk membuat dokumen baik di ketik dan kemudian
mencetak dokumene tersebut.
Word Processing memberikan
pemecahan masalah dengan memberikan kemampuan kepada manajer untuk membuat
komunikasi tertulis yang lebih efektif untuk diberikan kepada orang lain.
Dengan kata lain word processing adalah penggunaan alat elektronik yang secara
otomatis dapat melakukan banyak tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen
yang ditik, dicetak maupun dikirim menggunakan email.
Jenis
aplikasi pengolah kata yang sering digunakan pada keseharian pembuatan dokumen
kantor adalah Ms. Word. Namun
aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbayar. Sedangkan aplikasi pengolah kata
yang dapat digunakan secara gratis adalah Libre.
Gambar: Microsoft office program
b.
Surat
Elektronik (e-mail)
Surat
elektronik atau yang sring dikenal dengan E-mail adalah pengiriman file hasil
ketikan menggunakan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim,
menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat
penyimpanan.
Terdapat
2 jenis email yang sering digunakan secara umum, dan kedua jenis email tersebut
dapat digunakan secara gratis, email tersebut berekstensi @gmail dikeluarkan
oleh Google, dan @ymail yang dikeluarkan oleh Yahoo.
c.
Voice Mail
Hampir
sama dengan surat elektronik tetapi pesan dikirim dengan mengucapkannya dalam
telephone. Telepon juga digunaka untuk mengambil pesan yang telah dikirimkan.
Perbedaanya bahwa anda hanya mengirimkan pesan dengan mengucapkan pesan
tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya. Dan anda menggunakan telepone
untuk memanggil pesan yang telah dikirimkan kepada anda.
Voice mail memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital, kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio ketika dipanggil.
Voice mail memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital, kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio ketika dipanggil.
d.
Kalender
Elektronik
Kalender
elektronik menggunakan jaringan komputer untuk menyimpan dan memangil acara
yang telah ditetapkan oleh manajer. Kalender elektronik bersifat khusus
diantara aplikasi perkantoran karena ia hanya menyusun terjadinya komunikasi
bukan sebagai media komunikasi.
Cara
kerja kalender elektronik mirip seperti organizer. Manajer atau sekretaris
dapat memasukkan pertemuan-pertemuan, membuat perubahan dan menelaah kalender
itu dengan menggunakan keyboard.
e.
Konfrensi
Audio
Konfrensi
audio adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat komunikasi
audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan
melaksanakan konfrensi. Telepon Konfrensi merupakan bentuk pertama dan masih
digunakan. Konfrensi audio tidak memerlukan komputer, hanya melibatkan
fasilitas komunikasi 2 arah semisal telepon dan handphone. Keuntungan konfrensi
audio adalah sebagai berikut:
1) Biaya
peralatan yang diperlukan untuk konfrensi audio tergolong standar
2) Orang-orang
merasa nyaman berbicara di telepon
3) Konfrensi
audio dapat disiapkan dalam waktu singkat
f.
Konferensi
Video
Konfrensut
video adalah penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konferensi
yang tersebar secara geografis. Peralatan tersebut menyediakan hubungan audio
dan video. Seiring perkembangan waktu konfrensi video dapat dilakukan oleh
komputer dengan biaya yang murah. Aplikasi yang dibutuhkan untuk konfrensi
Video menggunakan komputer dengan koneksi internet adalah Skype.
g.
Faxsimile
Fax
merupakan singkatan dari Facsimile
transmision, merupakan penggunaan peralatan khusus yang dapat
membaca citra dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinan
pada ujung lainnya. Saluran komunikasinya sangat sering berbentuk saluran
telepon biasa. Fax berkontribusi pada pemecahan masalah dengan membagikan
dokumen kepada anggota tim lain dengan mudah, tanpa dibatasi oleh letak
geografis mereka.
Semua
yang difotokopi dapat ditransmisikan oleh fax. Fax sangat mudah
diimplementasikan dan dioperasikan. Jalur telepon suara dapat berfungsi sebagai
channel-nya dan pengoperasian peralatan fax tidak sulit.
h.
Slide
Presentase
Slide
presentase adalah penggunaan komputer untuk tujuan memberikan tampilan materi
yang dapat berupa gambar, kata, suara, maupun audio visual yang ditampilkan
dalam bentuk slide. Aplikasi yang sering digunakan untuk menampilkan slide
presentase adalah Ms. Power
Point. Slide presentase ini sangat efektif sekali untuk menunjang
pegawai dalam melakukan presentase.
i.
Pencitraan
(Imaging)
Beberapa
perusahaan memiliki volume dokumen yang besar sehingga mereka harus menyimpan
dalam file agar informasi dapat dipanggil atau didapatkan kembali jika
diperlukan. Untuk mengatasi masalah mengenai penyimpanan dan pemanggilan
tampilan maka dapat digunakan aplikasi yang dapat menyimpan dokumen fisik
menjadi dokumen digital (file) dengan menggunakan Scanner.
Dengan
menggunakan scanner maka dokumen fisik yang dapat memakan tempat penyimpanan
yang cukup luas, dapat diganti menjadi dokumen bersifat digital (file). Mesin
scanner dihubungkan dengan komputer, mesin ini memindai dokumen yang diletakkan
pada mesin tersebut kemudian memindai men-scan nya
lalu merubah kedalam bentuk digital. Jika sewaktu-waktu memerlukan dokumen
tersebut, pegawai dapat mencetaknya menggunakan printer.
j.
Aplikasi
Pengolah Angka
Aplikai
pengolah angka merupakan aplikasi yang paling sering digunakan setelah aplikasi
pengolah kata pada otomatisasi perkantoran. Aplikasi pengolah angka memudahkan
akuntan dalam membuat perhitungan-perhitungan keuangan dengan mudah, sehingga
meminimalkan kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan.
Aplikasi
pengolah angka yang paling banyak digunakan adalah Ms. Excel yang merupakan saudara Ms.
Word. Dan kedua aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Sedangkan untuk
aplikasi yang gratis dapat pula menggunakan aplikasi Libre.
4. SISTEM APLIKASI PERKANTORAN
A.
System
Komunikasi Elektonik
System
komunikasi elektronik (electronic communication system ) merupakan system
teknologi informasi yang digunakan untuk berkomunikasi diantara individu,
grup-grupkerja dan organisasi-organisasi. Yang termasuk dalam system ini adalah
e-mail, voicemail, facsimile dan bulletin board system.Bulletin board system
(BBS) adalah suatu lokasi lewat jaringan internet yangmemungkinkan suatu pesan
disimpan di lokasi dan selanjutnya dapat diakses dandidesain oleh orang lain
B. System Kolaborasi Elektronik
Sytem kolaborasi elektronik
adalah suatu system yang tidak hanya pertukaran komunikasi atau pesan, tetapi
juga bagaimana informasi atau pesan tersebut digunakan untuk bekerja sama. Contoh
aplikasi yang tergolong dalam system kolaborasi adalah teleconference dan
telecommuting. Telecommuting adalah kolaborasi elektronik yang digunakan oleh
pekerja yang bekerjadari jarak jauh dengan kantornya
C. System Publikasi Dan Pengolahan Imej Elektronik
System publikasi elektronik
(electronic publishing system) adalah penggunaan teknologi informasi untuk
keperluan pembuatan dokumen tercetak. Yang termasuk aplikasi dari system
pubikasi dan pengolahan imej elektronik adalah desktop publishing, elektonik
document management, presentase graphics dan multimedia presentation. Elektonik
document management (EDM) merupakana system penyimpanan document yang membentuk
basis data imej (image database) yang nantinya dapat diakses dandiproses
kembali. Presentation graphic digunakan untuk menampilkan grafik yang akan
dipresentasikan. Sedangkan multimedia presentation tidak hanya mempresentasikan
grafik saja, tetapi memungkinkan untuk mempresentasikan dalam beberapa bentuk
media seperti teks, grafik, foto, suara dan video.
D. System Pengolahan Kantor
System pengolahan kantor
(office management systems) merupakan system kantor otomatis yang
mendukung orang-orang di organisasi untuk mengorganisasikan aktivitas-aktivitas
kerja mereka. Yang termasuk dalam system ini adalah desktop accessories dan
electronic scheduling atau kalender elektronik. Desktop accessories menyediakan
alat-alat seperti kalkulator, kalender, jam, notepad, daftar nomer telepon dan
daftar jam janjian. Electronic scheduling membantu pemakai-pemakai system ini
untuk mengatur skejul kerja mereka.
E. System Elektronik Formal
System Elektronik Formal didokumentasikan dengan suatu sistem prosedur tertulis.
Diterapkan diseluruh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, mirip
dengan SIM
F.
System Elektronik
Informal
System
Elektronik Informal tidak direncanakan atau
diuraikan secara tertulis. Sistem-sistem ini diterapkan saat diperlukan oleh
perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri.
5. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN APLIKASI
PERKANTORAN
a. Keuntungan penggunaan aplikasi perkantoran :
1) Meningkatkan Produktifitas Kerja
2) Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Tenaga
3) Alur Informasi Dalam Kantor menjadi semakin
cepat Dll
b. Kerugian apenggunaan aplikasi perkantoran :
1) Menjadi Ketergantungan akan teknologi
2) Akan adanya penggantian kerja yang dulunya
dilakukan oleh manusia sekarang dilakukan oleh system
3) Banyaknya ahli-ahli komputer yang tidak bertanggung
jawab yang bisa merugikan perusahaan seperti pencurian data rahasia.
6. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN
APLIKASI PERKANTORAN
a. Dampak positif
Mendorong untuk belajar
keterampilan baru. Pekerjaan-pekerjaan yang menjemukan dapat dialihkan ke
mesin-mesin. Lebih mudah dan cepat dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan.
Bertambahnya kesempatan dalam bidang pemeliharaan peralatan,
teknologi/elektronik, programmer dan rekayasa software. Kesempatan untuk
memperpendek dari kerja setiap minggu. Lebih sedikit pekerjaan
b.
Dampak
negatif
Cenderung karyawan menjadi
“machine-minders”. Masalah kesehatan sebagai ekses dari peralatan seperti
layar, printer dan sebaginya. Kehilangan kontak personal, karena penyampaian
informasi dilakukan oleh mesin. Implikasi terhadap pemberi pekerjaan.
Memerlukan waktu untuk perubahan dari sistem manual ke sistem elektronik.
Menimbulkan keresahan pada karyawan pada tahap penerapan. Tidak seluruh
software yang tersedia pasti sepenuhnya memenuhi kebutuhan
BAB 3
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Tahun 1964 diperkenalkan satu
generasi baru alat penghitung yangmempengaruhi cara penggunaan komputer. Konsep
penggunaan komputer sebagai SIM (Sistem Informasi Manajemen) dipromosikan
oleh pembuatkomputer untuk mendukung peralatan baru tsb. Konsep SIM (Sistem
InformasiManajemen) menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuanutama
menghasilkan informasi manajemen.
Aplikasi perkantoran
memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan
pekerja kantor melalui penggunaan alat elektronik. Aplikasi perkantoran telah
berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh, voice mail,
e-mail, electronik calendaring dan facsimile transmission. Komputer dapat
diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti
manusia, suatu aplikasi yang dinamakan kecerdasan buatan (artificial
intelligence).
C. DAFTAR PUSTAKA
http://adidocsite.blogspot.co.id/2015/05/makalah-otomatisasi-perkantoran.html (diunggah Friday, 8 May 2015 05:35 diunduh
26 Oktober 2017)
http://www.anugerahdino.com/2014/10/jenis-jenis-aplikasi-otomatisasi-kantor.html (diunggah 14 Oktober 2014 diunduh 26 Oktober 2017)
No comments:
Post a Comment