INSTAGRAM

animasi-bergerak-selamat-datang-0069

"Popular Posts"

animasi-bergerak-selamat-datang-0262

Wednesday, 8 November 2017

KECERDASAN BUATAN DAN TELEKOMUNIKASI



KECERDASAN BUATAN DAN TELEKOMUNIKASI


NAMA              : GITA PRAMUWIDYANTI ANWAR
NIM                 : 20172007
EMAIL             : gitawidyanti28@gmail.com
BLOG               : gitapramuwidyanti.blogspot.com



PEMBIMBING :
ACO LELE, S.Kom., M.M.




PROGRAM DIPLOMA III (D3)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK) TRI DHARMA PALU
SULAWESI TENGAH

2017





BAB 10 TELEKOMUNIKASI
PILIHAN BERGANDA

1.      Yang merepresentasikan isyarat digital:
a.       Gelombang sinus
b.      Gelombang segitiga
c.       Gelombang kotak
d.      Gelombang singkat
Jawab :   c. gelombang koak
2.      1.000.000 bit per detik identic dengan:
a.       1 MB
b.      1 mbps
c.       1 GB
d.      1 Gbps
Jawab : b. 1 Mbps
3.      Frekuensi yang tidak digunakan microgelombang:
a.       HF
b.      UHF
c.       SHF
d.      EHF
Jawab : a. HF
4.      Transmisi data dengan sifat pada setiap waktu hanya 1 bit yang dikirim dinamakan:
a.       Transmisi parallel
b.      Transmisi serial
c.       Transmisi sinkron
d.      Transmisi asinkron
Jawab : b. transmisi serial
5.      Yang tidak mencerminkan transmisi asinkron:
a.       Start bit
b.      Stop bit
c.       Bit pemeriksa kesalahan
d.      BCC (Block Check Character)
Jawab : d. BCC (Block check Character)
6.      Nama lain ATM (asynchronous transfer mode):
a.       Frame relay
b.      Cell relay
c.       Circuit switching
d.      X.25
Jawab : b. cell realy
7.      Sistem multiplexing yang digunakan pada media komunikasi jalur lebar (broadband) yang memungkinkan sejumlah saluran dibentuk dinamakan:
a.       TDM
b.      FDM
c.       ATM
d.      GSM
Jawab : b. FDM
8.      Yang tdak termasuk sebagai bounded media:
a.       UTP
b.      Kabel koaksial
c.       Kabel serat optic
d.      Mecrogelombang
Jawab : d. microgelombang
9.      Kabel UTP yang mendukung pengiriman data sampai 100 Mbps termasuk dalam:
a.       Kategori 2
b.      Kategori 3
c.       Kategori 4
d.      Kategori 5
Jawab : d. kategori 5
10.  Angka 100 pada 100baseT menyatakan kecepatan:
a.       100Kbps
b.      100bps
c.       100Mbps
d.      100Gbps
Jawab : c. 100Mbps
11.  Yang disebut kabel koaksila thin Ethernet:
a.       RG-8
b.      RG-9
c.       RG-11
d.      RG-58
Jawab : d. RG-58
12.  Yang merupakan standar kabel serat optic:
a.       SONAR
b.      FDDI
c.       ATM
d.      Ethernet
Jawab : b. FDDI
13.  Jalur frekuensi menurut CCITT ada:
a.       2 buah
b.      3 buah
c.       4 buah
d.      5 buah
Jawab : a. 2 buah
14.  Sistem yang dapat digunakan untuk menentukan posisi kendaraan dalam permukaan bumi:
a.       VSAT
b.      Microwave
c.       GPS
d.      GEO
Jawab : c. GPS
15.  Yang buakn merupakan teknologi telekomunikasi digital tanpa kabel untuk jarak dekat:
a.       Bluetooth
b.      Wifi
c.       HomeRF
d.      TDMA
Jawab : d. TDMA
16.  Yang disebut IEEE 802.1b:
a.       Bluetooth
b.      Wifi
c.       HomeRF
d.      TDMA
Jawab : b. Wifi
17.   Hub merupakan peralatan yang digunakan pada jaringan bertopologi:
a.       Bintang
b.      Cincin
c.       Bus
d.      Bintang dan cincin
Jawab : d. bintang dan cincin
18.  Sagelit geosinkron (GEO) berada pada garis khatulistiwa dengan ketinggian dari permukaan bumi sebesar:
a.       22.300 mil
b.      22.300 mil
c.       8.000 mil
d.      8.000 mil
Jawab : a dan b. 22.300
19.  Satelit tundra yang dibuat oleh rusia merupakan jenis satelit :
a.       GEO
b.      MEO
c.       LEO
d.      HEO
Jawab : d. HEO
20.  Jumlah lapisan pada model  OSI:
a.       5
b.      6
c.       7
d.      8
Jawab :  c. 7
21.  Menurut model OSI, dua buah computer berhubungan secara langung melalui lapisan:
a.       Fisik
b.      Transport
c.       Jaringan
d.      Presentasi
Jawab : a. fisik
22.  Menurut model OSI , pemakai berhubungan langsung menggunakan lapisan:
a.       Aplikasi
b.      Presentasi
c.       Sesi
d.      Jaringan
Jawab : a. aplikasi
23.  Peranti yang dugunakan untuk memperpanjang jangkauan jaingan:
a.       Bridge
b.      Gateway
c.       Bridge
d.      Repeater
Jawab : d. repeater
24.  Jaringan yang mencakup satu kota biasa dinamakan:
a.       LAN
b.      WAN
c.       MAN
d.      GAN
Jawab : b. MAN



ISIAN
1.      Peralatan yang berfungsi mengubah isyarat digital menjadi analog dan sebaliknya dalam komunikasi data adalah modem
2.      Kepanjangan EDI adalah Electronic Data Interchange
3.      Satu Gbps identic dengan 1.000.000.000 bit perdetik
4.      Transmisi serial mengirimkan bit sebanyak 1 setiap saat
5.      Kepanjangan UTP yaitu Unshielded Twisted Pair
6.      Kepanjangan STP yaitu Shielded Twisted Pair
7.      Kepanjangan GPS yaitu Global Positioning System
8.      Peralatan yang dapat dipakai untuk mencari jalan terefisien untuk mengirimkan data ketujuan adalah router



URAIAN
1.      Jelaskan perbedaan LAN, MAN dan WAN.
Jawab : LAN adalah jaringan computer yang mencakup area dalam satu ruangan. MAN adalah jaringan yang mencakup area satu kota. WAN adalah jaringan yang mencakup antar kota, antar propinsi, antar Negara bahkan antar benua.
2.      Apa yang dimaksud dengan telecommuting?
Jawab : Telecommunting adalah bekerja yang tidak dilakukan didalam kantor.
3.      Jelaskan perbedaan isyarat analog dan isyarat digital.
Jawab : isyarat analog biasa disebut isyarat continue, karena bentuknya berupa gelombang yang continue. Isyarat digital digital disebut isyarat diskret yang tersusun atas dua keadaan.
4.      Apa maksud client serta server pada client/server?
Jawab : Client computer yang meminta layana. Server computer yang melayani permintaan client.
5.      Gambarkan bentuk jaringan bertopologi bus.
Jawab :




BAB 9 KECERDASAN BUATAN
PILIHAN BERGANDA

1.      Program computer berbasi AI yang dapat mengalahkan pecatur Garry Kasparov:
a.       Pacific Blue
b.      Deep Blue
c.       Blue Storm
d.      Blue Chess
Jawab : b. deep blue
2.      Contoh program yang dapat melakukan query kedalam database dengan menggunakan bahasa manusia:
a.       SYSTRAN
b.      Deep Blue
c.       Intellect
d.      Logic Teorist
Jawab : c. Intellect
3.      Bidang AI yang berurusan dengan pemrosesan bahasa manusia:
a.       ANN
b.      NLP
c.       Fuzzy Logic
d.      Sistem pakar
Jawab : b. NLP
4.      Bidang AI yang berurusan dengan pengenalan terhadap objek:
a.       Computer vision
b.      Voice recognition
c.       Expert system
d.      Fuzzy logic
Jawab : a. computer vision
5.      Contoh robot yang dapat bermain sepakbola:
a.       Sojourner
b.      SICO
c.       Scrubmate
d.      roboCup
jawab : d. robocup
6.      robot yang digunakan pada misi explorasi planet mars pada tahun 1977:
a.       Sojourner
b.      SICO
c.       Scrubmate
d.      roboCup
jawab : a. sojourner
7.      contoh sistem pakar yang dapat digunakan untuk mengevaluasi investasi saham:
a.       BERT
b.      OPERA
c.       FOLIO
d.      PUFF
Jawab : c. FOLIO
8.      DELTA adalah sistem pakar untuk mendiaknosis:
a.       Kerusakan pada mesin diesel
b.      Penyakit paru paru
c.       Kerusakan computer
d.      Kerusakan mesin pemotong batu bara
Jawab : a. kerusakan pada mesin diesel
9.      Pencipta logika kabur:
a.       Lotfi A. Zadeh
b.      John H. Holland
c.       Mizutani
d.      Elaine Rich
Jawab : a. Lotfi A. Zadeh
10.  Alat pengembangan sistem pakar yang basis pengetahuannya masih kosong:
a.       Mesin inferensi
b.      Shell
c.       Fuzzy logic
d.      Jaringan saraf
Jawab : b. Shell
11.  Layer atau lapisan adalah suatu istilah khas pada:
a.       Jaringan saraf
b.      Aloritma genetika
c.       Logika kabur
d.      Sistem pakar
Jawab : a. jaringa saraf
12.  Crossofer adalah suatu aturan pada :
a.       Jaringan saraf
b.      Algoritma genetika
c.       Logika kabur
d.      Sistem pakar
Jawab : b. algoritma genetika
13.  Yang tidak menyatakan istilah lain dari agen cerdas:
a.       Softbot
b.      Knowbot
c.       Software agen
d.      Efektor
Jawab : d. efektor
14.  Campuran antara mesin dan makhluk hidup biasa dinamakan:
a.       A-Life
b.      Cyborg
c.       Soft computing
d.      Machine learing
Jawab : b. cyborg



ISIAN
1.      Komponen dalam sistem pakar yang mengandung pengetahuan dinamakan knowledge base
2.      Komputasi adaptif adalah nama lain dari algoritma genetika
3.      Bidang AI yang mempelajari dan menyamai kehidupan biologis dengan cara melakukan perpaduan dalam bentuk kehidupan nyata disebut artificial life
4.      Pelopor algoritma genetika yaitu John H. Holland
5.      Robot berbentuk manusia dikenak dengan sebutan humaniod
6.      Adapun robot berbentuk binatang disebut animatronik



URAIAN
1.      Jelaskan pengertian kecradasan buatan.
Jawab : suatu pengetahuan yang membuat computer dapat meniru kecerdasan manusia sehingga diharapkan computer dapat melakukan hal-hal yang apabila dilakukan manusia memerlukan kecerdasan.
2.      Sebutkan kelebihan AI dibanding kecerdasan manusia.
Jawab : AI lebih bersifat permanen, AI menawarkan kemudahan untuk digandakan/disebarkan, AI lebih murah disbanding kecerdasan alami, AI bersifat konsisten, AI dapat didokumentasikan.
3.      Menurut anda adakah kelebihan kecerdasan manusia disbandingkan dengan kecerdasan buatan?
Jawab : menurut saya kecerdasan manusia melebihi kecerdasan buata. Kenapa saya katakana demikian? Karena yang merancang atau membuat kecerdasan buatan itu adalah manusia. Manusia membuat kecerdasan buatan itu untuk membantu kerja manusia.
4.      Apa yang dimaksud dengan agen cerdas?
Jawab : perangkat lunak yang dapat bertindak seperti orang yang mampu berinteraksi dengan lingkungan.
5.      Apa yang dimaksud dengan robotika?
Jawab : peranti elektromagnetik yang dapat deprogram untuk melakukan otomasi terhadap suatu tugas yang biasa dilakukan manusia.
6.      Apa yang dimaksud dengan sistem pakar?
Jawab : sistem yang berbasis pengetahuan.
7.      Apa yang dimaksud dengan sistem AI hibrida?
Jawab : sistem yang menggabungkan beberapa teknologi AI untuk memanfaatkan atau memadukan keunggulan masing masing teknologi.
8.      Sebutkan contoh aplikasi dari jaringan saraf.
Jawab : validasi tanda tangan

No comments:

Post a Comment